Bola  

Hasil Liga Inggris: Manchester City Kalahkan West Ham 2-0, Haaland Borong 2 Gol

Hasil Liga Inggris: Manchester City Kalahkan West Ham 2-0, Haaland Borong 2 Gol
Hasil Liga Inggris: Manchester City Kalahkan West Ham 2-0, Haaland Borong 2 Gol

IOGBOLAManchester City sukses meraih tiga poin penuh di pekan pertama Liga Inggris musim 2022-2023 di Stadion London, Minggu 7 Agustus 2022.

Manchester City menang 2-0 dan semua gol diborong Erling Haaland masing-masing dari titik penalti pada menit ke-36 dan aksinya memanfaatkan umpan terobosan Kevin de Bruyne menit ke-65.

Manchester City langsung menurunkan penyerang anyar Erling Haaland dalam barisan starter dalam laga melawan tuan rumah West Ham dalam pertandingan perdana mereka di Liga Inggris musim 2022/23 ini.

Penyerang Norwegia turun di barisan depan sebagai salah satu trio bersama Phil Foden dan Jack Grealish. Dalam formasi 4-3-3, ketiganya ditopang barisan gelandang Ilkay Gündogan, Rodri, dan Kevin De Bruyne.

Rúben Dias dan Nathan Aké berduet menggalang pertahanan didampingi Kyle Walker di kanan dan Joao Cancel di kiri. Mereka akan mengawal kiper Ederson.

Sementara West Ham menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan Michail Antonio sebagai ujung tombak. Dia ditopang gelandang Jarrod Bowen, Manuel Lanzini, dan Pablo Fornals.

Menit ke-21, Manchester City memiliki peluang ke setelah Joao Cancelo melepaskan umpan ke depan gawang. Haaland sudah terbang untuk menyambut bola. Namun bola berhasil ditepis kiper Fabianski. Penjaga gawang asal Polandia itu sempat mendpat perawatan karena benturan lawan saat menghalau bola.

Menit ke-27, Kevin de Bruyne sebenarnya berhasil menjebol gawang West Ham. Namun dianulir wasit karena Ilkay Gundogan lebih dulu terjebak offside sebelum mengirim umpan kepada pemain asal Belgia itu.

Liverpool Hanya Imbang di Fulham, Ini Komentar sang Kapten
Dua menit kemudian pelatih West Ham, David Moyes, harus menarik keluar kiper Lukasz Fabianski akibat cedera. Mantan kiper Arsenal itu kemudian digantikan Alphonse Areola.

Man City menjebol gawang West melalui aksi Erling Haaland dari titik penati pada menit ke-36. Gol berawal dari Erling Haaland yang berupaya memanfaatkan umpan terobosan di kotak penalti.

Dia kemudian dijatuhkan kiper Alphonse Areola. Wasit pun menunjuk titik penalti. Tendangan dari jarak 12 meter itu pun sukses dimanfaatkan Haaland untuk memperdaya Areola. Ini merupakan gol perdana Haaland di Liga Inggris.

Hingga babak pertama usai tak ada tambahan gol yang terjadi. Manchester City pun unggul 1-0.

Memasuki babak kedua Manchester City tetap mengusung permainan menyerang. Namun sebuah blunder Gundogan nyaris membuat West Ham menyamakan kedudukan.

Manchester City nyaris menambah keunggulan pada menit ke-62. Kevin de Bruyne berhasil melepaskan umpan ke muka gawang West Ham. Haaland menyambut tendangan itu sambil menjatuhkan diri namun ggal menjangkau bola. Sementara Gundogan yang berusaha memanfaatkan bola yang lepas dari jangkauan Haaland gagal mencetak gol. Bola yang ditendangnya ke arah tiang jauh melenceng dari sasaran.

Manchester City akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-65. Gol kedua pasukan Pep Guardiola kembali dilesakkan Erling Haaland.

Gol berawal dari umpan terobosan yang dikirim Kevin De Bruyne. Erling Haaland menyambut tersebut dengan berlari cepat dan melesakkan bola dengan kaki kiri ke pojok kiri bawah gawang. Kiper Areola pun tak mampu mencegah gawangnya kebobolan untuk kedua kalinya.

Lima menit kemudian Haaland nyaris mencetak gol ketiganya. Memanfaatkan umpan dari Jack Grealish, dia berusaha menyundul bola dari jarak dekat. Namun upayanya gagal membuahkan gol.

Menit ke-78, Guardiola melakukan dua pergantian sekaligus termasuk Haaland. Striker Norwegia itu digantikan Julián Álvarez, sementara Ilkay Gundogan diganti Bernardo Silva. Tak ada gol tambahan yang terjadi dalam waktu tersisa. Manchester City pun mengawali musim ini dengan kemenangan 2-0. Manchester City mengikuti jejak Arsenal, Tottenham Hotspur, Newcastle United, Leeds United, Bournemouth, Chelsea, dan Brighton and Hove Albion yang memetik kemenangan dalam aksi perdana mereka di Liga Inggris musim ini.

Susunan pemain:

West Ham United (4-2-3-1): 1 Lukasz Fabianski (13 Alphonse Areola 27); 5 Vladimir Coufal, 4 Kurt Zouma, 2 Ben Johnson, 3 Aaron Cresswell; 28 Tomas Soucek, 41 Declan Rice; 20 Jarrod Bowen (12 Flynn Downes 90+2), 10 Manuel Lanzini (22 Said Benrahma 57), 8 Pablo Fornals (32 Conor Coventry 90+2); 9 Michail Antonio (7 Gianluca Scamacca 57)

Manchester City (4-3-3): 31 Ederson; 2 Kyle Walker, 3 Ruben Dias, 6 Nathan Ake, 7 Joao Cancelo; 8 Ilkay Gundogan (20 Bernardo Silva 78), 16 Rodri (4 Kalvin Phillips 89), 17 Kevin De Bruyne (80 Cole Palmer 88), 47 Phil Foden (26 Riyad Mahrez 88), 9 Erling Haaland (19 Julian Álvarez 78), 10 Jack Grealish